Pendapat Bareskrim Mengenai Aktor Intelektual Penyebaran Isu Rush Money yang saat ini terjadi.

Jakarta – Isu mengenai penyebaran rush money sampai saat ini masih ditelusuri oleh Bareskrim Polri. Sampai saat ini tersangka AR alias Abu Uwais (31thn) merupakan oknum pertama yang diketahui menggunggah terkait ajakan penarikan uang dalam skala besar atau rush money dalam tautannya di Media Sosial.

Rush Money
Sumber Foto: Detikcom




Dilansir dalam berita online detikcom:

"Kalau ajakan pertama iya, karena dia yang bikin. Foto-foto yang dia unggah itu foto-foto yang dia bikin," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Brigjen Agung Setya (27/11/2016).


"Kalau dia yang bikin (ajakan) pertama, terus siapa dong aktornya?" sambung Agung saat ditanya siapa aktor intelektual isu ini.



Agung mengatakan, AR pertama kali menggunggah mengenai ajakan rush money di akun Facebook sekitar hari senin (21/11) lalu apa sebenarnya motif AR?



"Dia motifnya terprovokasi karena pemberitaan demo di media-media sosial," ujar Agung.




Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar mengetakan terkait aktor intelektual dalam isu ini, tim kejahatan Online Directorat Tipideksus masih mendalami ada dan tidaknya orang lain yang ikut serta menyuruh AR untuk menggunggah ajakan rush money ke akun media sosialnya itu.



"Apakah dia atas suruhan orang kan masih pendalaman lebih lanjut, apakah disuruh orang atau tidak. Dia ngakunya (inisiatif) sendiri saja. Namanya pelaku kan belum tentu jujur," kata Boy saat dihubungi terpisah.



Dalam akun Facebook yang dilihat detikcom, Sabtu (26/11), Abu Uwais memang menuliskan sejumlah status bertemakan rush money. Pada tanggal 24 November, Abu Uwais yang berstatus sebagai guru SMK di Pluit, Jakarta Utara ini menulis: RushMoney.. Persiapan tgl 212.. Kita modal sendiri bukan dari pengembang..



Status soal rush money juga ditulis pada 22 November di akun Facebook. "Aksi "RushMoney" mulai berjalan.. Ayo ambil uang kita dari bank milik komunis," tulis Abu Uwais. 

(idh/adf)

Related Posts

Pendapat Bareskrim Mengenai Aktor Intelektual Penyebaran Isu Rush Money yang saat ini terjadi.
4/ 5
Oleh